29 Oktober 2019


وَاذْكُرْ إِسْمَاعِيلَ وَالْيَسَعَ وَذَا الْكِفْلِ ۖ وَكُلٌّ مِنَ الْأَخْيَارِ

"Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa' dan Zulkifli. Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik."

Mari kita perhatikan bagaimana Al-Quran dalam Surat Shad ayat 48 di atas mengumpulkan nama orang-orang yang berbeda dalam satu ayat yang sama.

Cobalah diamati sekali lagi dan kita renungkan pelan-pelan mengapa ketiga nama itu disebut bersamaan? Karena ketiganya adalah sama-sama orang baik. Ingat, yang baik hanya kumpul dengan yang baik.

Maka dalam hidup ini usahakanlah mencari kumpulan yang baik pula, meski kita belum sepenuhnya menjadi orang baik. Hadiri majlis pengajian ulama-ulama saleh, carilah teman yang senantiasa mengingatkan kita kepada Allah.

Termasuk dalam bermedsos, berkumpullah dengan mereka yang menghargai waktu kita karena telah menyuguhkan postingan yang bermanfaat.

Lalu bagaimana gaya bahasa Al-Quran dalam menceritakan orang-orang yang tidak baik? Simak Surat Al-Qashas ayat 8 berikut,

إِنَّ فِرْعَوْنَ وَهَامَانَ وَجُنُودَهُمَا كَانُوا خَاطِئِينَ

"Sesungguhnya Fir'aun dan Haman beserta tentaranya adalah orang-orang yang bersalah."

Tak jauh berbeda dengan sebelumnya, dalam satu ayat yang sama berkumpul nama-nama yang berbeda, dan kesemuanya sama-sama orang yang tidak baik. Fir'aun hanya berkumpul dengan Haman!

Ingat, yang tidak baik hanya kumpul dengan yang tidak baik.

Maka dalam hidup ini untuk menilai apakah diri kita sudah dekat dengan kebaikan atau belum, lihatlah kepada siapa kita sering berkumpul. Apakah kepada orang-orang baik, atau kepada orang-orang yang tidak baik?

Alangkah indahnya Al-Quran, hanya dari susunan bahasanya saja kita sudah mendapat pelajaran berharga. Semoga kita semua diberi nikmat oleh Allah berupa perkumpulan yang baik. Bukan hanya di dunia, bahkan hingga di akhirat.

Salam Hijrah. 


0 comments:

Posting Komentar

The Power Of Wanita

FBAUTOADDFRIENDS

Panduan Dropship

BloopEndorse

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Bloop

Blibli.com

SB1M

Popular Posts

Mahir Wbsite